Cara Membaca Gambar Bangunan Rumah

Sebelum membangun rumah tentunya diperlukan perencanaan yang matang, perencanaan itu wujudnya adalah gambar kerja atau istilahnya gambar teknis yang digunakan sebagai acuan untuk pelaksanaan. Berikut ini adalah tips / cara membaca gambar kerja bangunan rumah.

Merealisasikan sebuah desain rumah tentunya tidak terlepas dari proses pembangunannya, sehingga pada tahap perencanaan konsep umumnya seorang desainer akan menggunakan gambar tiga dimensi sebagai media komunikasi ide. Untuk itu, ketika sudah mencapai tahap pembangunan gambar tiga dimensi akan berubah menjadi gambar konstruksi dua dimensi teknikal.

gambar kerja bangunan rumah

Yang menjadi tantangan oleh orang awam untuk mengenal dan mengerti gambar kerja yaitu gambar konstruksi hitam putih yang berupa garis dan symbol teknis, dimana kebanyakan dimengerti oleh kalangan konstraktor saja. Hal ini sangat penting dalam pengetahuan dan kemampuan membaca gambar.

Banyak orang yang tidak mengerti cara mempelajari gambar bangunan yang tepat, sehingga tidak mampu memahami seluruh isi gambar sesuai tujuan dan fungsi gambar. Sebenarnya untuk membaca gambar bangunan dan rumah tidaklah rumit, asalkan ada kemauan pasti ada jalan. Pembacaan yang salah akan berakibat fatal sehingga pekerjaan bongkar pasang harus menanggung rugi dari segi waktu, biaya, dan tenaga.

 

Cara Membaca Gambar bangunan Rumah

Sebagai awalan membaca gambar bangunan dan rumah, terlebih harus mengetahui jenis jenis gambar yang umumnya terdapat di gambar kerja. Berikut adalah jenis gambar :

Gambar denah

Denah sebagai gambar yang menjelaskan tata letak ruang keseluruhan. Didalam penggambaran denah harus diawali dengan memotong horizontal bangunan rumah pada ketinggian 1 M dari ketinggian dasarnya. Setelah itu dilihat dari arah atas yang menjadi gambar denah.

cara membaca gambar kerja bangunan rumah

Gambar tampak

Tampak pada dasarnya untuk menjelaskan penampilan yang ada diluar bangunan, sehingga prinsip penggambaran tampak dibuat dari beberapa perspektif sisi bangunan saja. Minimal terdapat 4 buah tampak bangunan seperti sisi depan, belakang, samping kanan, dan samping kiri.

Gambar potongan

Potongan menjadi gambar yang paling komprehensif dalam rangkaian gambar kerja dengan memperlihatkan isi dan bagian dalam dari bangunan. Gambar potongan dibuat menggunakan prinsip pemotongan bangunan dengan posisi dan arah pandang tertentu.

Gambar detail

Gambar detail dapat menjelaskan detail tertentu yang ada pada bangunan, sehingga dimasukkan dalam lingkup gambar kerja. Dengan tujuan untuk menunjukkan secara jelas suatu struktur agar bisa terbangun yang tentuknya bisa berpengaruh pada pembiayaan dan kekuatan bangunan secara keseluruhan.

Rencana untuk instalasi

Gambar rencana instalasi sebagai gambar penting yang tidak bisa dilewatkan dalam gambar kerja karena menjelaskan alur kerja system pendukung rumah. Dalam hal ini, banyak yang hanya terfokus pada penampilan luar dan melupakan hal hal yang tidak dilihat mata sehingga kegagalan sebuah konstruksi bisa terjadi.

contoh gambar kerja instalasi air bangunan

Nah, setelah anda memahami informasi dalam gambar kerja, anda juga harus mengetahui konsep konstruksi bangunan yang ada dalam perencanaan sehingga bisa mengakses site plan yang ada dalam bangunan.

Untuk mempermudah anda memahami gambar bangunan dan rumah, ada beberapa hal non teknis yang perlu anda persiapkan, diantaranya mencari jenis gambar yang akan anda pelajari. Jenis gambar seperti bestek, tender, konsturksi, shop drawing, atau as built drawing. Kemudian menetapkan tujuan anda mempelajari gambar tersebut.

Setelah mengetahui jenis proyek konstruksi, anda harus mengetahui jenis pekerjaan bangunannya seperti pekerjaan persiapan, instalasi, arsitektur, atau pekerjaan lanskap. Dilanjut menyiapkan perlengkapan membaca gambar dengan kaca pembesar, penggaris, atau alat tulis lainnya.

 

Langkah mempelajari sebuah gambar kerja

Gambar kerja menjadi salah satu jenis gambar bangunan yang perlu anda pelajari karena bertujuan dalam pelaksanaan tender proyek.

Saat ini media elektronik sering dimanfaatkan untuk mengirim dan mempelajari gambar. Maka, berikut cara membaca gambar bangunan dan rumah.

 

Membaca gambar bangunan dalam bentuk file

Jika gambar dalam bentuk file dalam smartphone atau komputer, sebaiknya jangan melakukan perhitungan yang berkaitan dengan anggaran biaya. Anda bisa melakukan pengawasan proyek atau hanya sekedar menghitung kebutuhan materialnya saja.

Gambar bangunan yang ada dalam smartphone

Bentuk file selain Pdf , gambar bangunan dalam bentuk asli sudah bisa anda buka dalam smartphone. Langkah untuk mempelajari gambar bangunan tersebut dengan memilih halaman gambar yang akan dibaca lalu perbesar sedikit demi sedikit untuk menemukan objek yang anda kehendaki. Kemudian buatlah catatan mengenai gambar dengan screenshot objek agar menjadi benuk file Jpg.

Gambar bangunan dalam komputer

Sangat mudah ketika membaca gambar bangunan yang ada di komputer atau leptop dibandingkan dengan smartphone karena memiliki layar yang lebih lebar. Untuk memudahkan anda mengerti tentang gambar bangunan atau rumah, anda bisa lakukan tips seperti mengikuti langkah yang ada pada smartphone kemudian segera mencetaknya agar anda bisa mempelajari lebih detail.

 

Membaca gambar dalam bentuk hard copy

Gambar yang sudah dicetak dalam bentuk kertas menjadi salah satu cara mempelajari gambar bangunan yang paling tepat khusunya buat pemula. Langkah pertama yang harus anda lakukan saat membaca gambar dalam bentuk hard copy adalah mulai membaca dari halaman awal secara urut kemudian perhatikan satuan ukuran yang akan digunakan.

Setelah itu, pelajari daftar keterangan dalam elemen dan jenis bahan yang terletak pada halaman depan sebagai daftar isi gambar dengan dibarengi symbol. Setelah itu, kembangkan imajinasi anda tentang gambar dengan memposisikan diri sebagai orang yang membuat gambar.

 

Membaca gambar kerja konstruksi

Jenis gambar bangunan yang perlu anda pejari dengan cermat adalah gambar kerja, sebab berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan dan sebagai dasar menghitung bahan. Sehingga, bagus tidaknya kualitas pekerjaan tergantung gambar kerja anda. Anda bisa mempelajari gambar satu persatu dan jangan terburu buru ketika membaca.

Leave a Comment