Cara Membuat Rumah Rapi

Siapa yang tidak mau rumahnya terlihat rapi? Pasti semua orang ingin memiliki rumah dengan tampilan yang rapi dan bersih. Terdapat 8 cara membuat rumah terlihat rapi dan bersih meski rumah Anda berukuran minimalis.

Ya, salah satu keuntungan memiliki rumah yang terlihat rapi adalah Anda tidak akan malu ketika ada tamu tiba-tiba datang. Terlebih kondisi rumah akan terasa nyaman ketika ruangan bersih dan rapi.

8 Cara Membuat Rumah Terlihat Rapi

Menggunakan Perabotan Multifungsi

Seringkali lahan sempit membuat kesan rumah menjadi sumpek, perabotan multifungsi dapat menjadi salah satu cara membuat rumah terlihat rapi. Karena fungsinya yang lebih dari satu membuat Anda tidak membutuhkan banyak barang di rumah. Salah satu perabotan multifungsi yang bisa Anda pilih adalah kasur yang sekaligus berfungsi sebagai laci.

rumah-rapi-dengan-perabot-multifungsi

Selain itu, jika Anda membutuhkan dua tempat tidur dalam satu ruangan, membuatnya dalam model bertingkat merupakan ide yang sangat bagus. Ada lagi ide menarik lainnya, yaitu membuat tangga yang masing-masing pijakannya dapat berfungsi sebagai laci.

Buat Rumah Tidak Banyak Sekat

Sekat atau partisi berfungsi untuk membatasi setiap ruangan di dalam rumah. Khusus untuk ruangan yang bersifat privasi, keberadaan sekat sangat penting. Nah, untuk ruangan yang tidak perlu privasi, Anda tidak perlu memberi sekat. Selain memberi kesan lega dan luas, tidak adanya partisi membuat ruangan memiliki beragam fungsi.

Seperti dapur juga bisa berfungsi sebagai ruang makan, ruang tamu sekaligus ruang keluarga dan lainnya.

rumah-rapi-plong-tanpa-sekat

Memaksimalkan Dinding sebagai Tempat Penyimpanan

Salah satu ide dan cara membuat rumah terlihat rapi adalah memaksimalkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Ya, Anda bisa menaruh selembar papan yang tebal untuk menaruh berbagai bumbu masakan.

Selain itu, terdapat kabinet atau lemari gantung yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan piring dan panci. Gunakan beragam motif dan warna pada setiap kabinet dan rak agar tampilan ruangan menjadi tampak lebih hidup.

lemari-di-dalam-dinding

Pemilihan Cat yang Tepat

Sekilas, pemilihan warna cat memang tidak memberi dampak terhadap ketersediaan ruangan. Karena sifatnya yang cair dan menempel di dinding membuat seseorang meremehkan pemilihan cat.

Namun faktanya, salah memilih warna cat dapat membuat ruangan terasa sempit sehingga memberi kesan gerah. Maka dari itu, Anda bisa memilih warna minimalis yang pas untuk ruangan Anda seperti abu-abu, pastel, krem dan putih.

Menggunakan Box

Barang-barang dengan ukuran kecil seperti peralatan sekolah, kantor dan mainan bisa membuat rumah terasa sesak dan berantakan. Maka dari itu, Anda bisa menyediakan beberapa box dalam sebuah ruangan yang khusus digunakan untuk menyimpan barang.

Selain itu, pakaian-pakaian kecil seperti kaos kaki, dasi, dan lainnya bisa ditaruh di dalam box-box tersebut. Karena berbentuk box, Anda tidak perlu repot melipat atau menata barang di dalamnya. Meski begitu, ruangan akan tampak rapi karena box yang sudah tampil rapi.

Pertimbangkan Ukuran Barang di Rumah

Ukuran barang yang akan Anda tempatkan di dalam rumah tentu saja perlu Anda perhatikan. Karena bagaimanapun juga, jika suatu barang terlalu besar akan membuat ruangan menjadi terasa sempit.

Seperti misalnya, jika ruangan Anda minimalis, tentu tidak perlu membeli sofa dengan 3 dudukan. Atau lemari besar tidak perlu Anda tempatkan pada kamar yang sudah terdapat dua kasur di dalamnya. Tentu saja, jika Anda memperhatikan hal ini, seluruh penghuni rumah memiliki ruang gerak yang leluasa dan nyaman.

Memanfaatkan Pintu

Selain untuk menjaga privasi, pintu juga berfungsi sebagai pembuka dan penutup akses ke dalam sebuah ruangan. Namun, Anda dapat memaksimalkan fungsi pintu dengan memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan.

Ya, beberapa barang yang memiliki bobot ringan seperti sepatu dan baju dapat Anda gantung di balik pintu. Selain itu, Anda bisa memperhatikan peletakan barang berdasarkan kategori. Jadi, ruangan Anda akan lebih sedap dipandang karena peletakan barang yang sangat rapi tersebut.

Menyimpan Barang di Dalam Barang

Nah, cara membuat rumah terlihat rapi yang terakhir adalah menyimpan barang di dalam barang. Maksudnya adalah memanfaatkan barang yang memiliki ukuran besar sebagai tempat menyimpan barang yang lebih kecil.

Hal ini akan meminimalisir penggunaan perabotan seperti lemari sehingga Anda tidak perlu memasukan lebih banyak barang di dalam rumah.

Leave a Comment

× Kontak kami