Kebutuhan Ruang Rumah Tinggal

Membuat desain denah rumah menjadi kegiatan dalam penuangan ide kedalam gambar arsitektur. Kita perlu mengetahui kebutuhan ruang untuk rumah tinggal yang akan dihuni.

untuk memecahkan penyesuaian ukuran tanah yang tersedia dalam kebutuhan dan keinginan ruangan yang diharapkan.

Kebutuhan ruang adalah sebuah daftar yang berisi berbagai ruangan dan luasan yang diperlukan pada bangunan sehingga anda bisa mendapatkan perkiraan awal mengenai total luas bangunan yang akan terjadi. Agar bisa mempersiapkan data kebutuhan ruang untuk desain, anda perlu mengetahui ruangan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh hunian nantinya. Untuk mengetahui kebutuhan ruang, cara termudah adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri anda dan seluruh anggota keluarga.

Sehingga untuk merancang sebuah rumah tinggal, lebih baik mempertimbangkan kebutuhan ruang rumah tinggal agar hasil bangunan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut yang perlu dipertimbangkan dalam ruang rumah tinggal.

 

Menentukan Kebutuhan Ruang untuk Rumah Tinggal

Mempertimbangkan kebutuhan mengenai carport dan garasi

Jika anda mempunyai kendaraan pribadi dengan berapa jumlah kendaraan yang dimiliki dan type beserta jenis kendaraannya, infokan ke jasa arsitek. Setelah menginfokan kepada jasa arsitek yang anda pilih maka arsitek bisa merencanakan adanya carport dan garasi pada desain rumah dengan menghitung luasan carport dan garasi yang dibutuhkan.

1 kebutuhan carport atau garasi

 

Mempertimbangkan kebutuhan kamar tidur, walk in closet dan kamar mandi

Yang paling terpenting dalam rumah tinggal adalah memiliki tempat untuk tidur dan beristirahat dengan aman dan nyaman, sehingga penting untuk mempertimbangkan jumlah kamar tidur, kamar mandi, dan lainnya pada desain rumah.

Berikan informasi mengenai jumlah anggota keluarga beserta jenis kelaminnya pada jasa arsitek yang anda pilih, kemudian tanyakan pada anak anda jika menginginkan kamar tidur terpisah dan apakah membutuhkan kamar mandi dan walk in closet. Setelah itu, arsitek nantinya akan merancang desain rumah sesuai yang anda minta.

 

Mempertimbangkan kebutuhan ruang bersama

Setiap rumah tentu memiliki ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Walaupun ruangan tersebut tidak diminta oleh penghuninya, namun tetap ada dalam desain interiornya. Untuk itu, agar desain rumah anda nyaman dan sesuai, infokan kepada arsitek tenteng jumlah anggota keluarga yang senang mengundang tamu untuk berkumpul dan makan bersama. Dengan informasi tersebut, arsitek akan merencanakan desain ruang bersama sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

 

Mempertimbangkan kebutuhan kamar tidur untuk pekerja

Jika anda merencanakan untuk mempekerjakan asisten rumah tangga, satpam, dan supir dirumah baru anda nanti, infokan kepada arsitek berapa jumlah pekerja yang akan menginap dirumah anda.

 

Mempertimbangkan kebutuhan fasilitas hiburan

Jika anda memiliki lahan yang lebih luas dan berencana ingin    membangun mansion mewah, tentu anda harus mempertimbangkan adanya fasilitas hiburan di rumah agar tidak stress. Tanyakan pada keluarga anda, apa hobi yang    mereka miliki dan apa aktivitas bersama yang mereka sukai.

Dengan adanya data tersebut, arsitek bisa merencanakan adanya fasilitas hiburan seperti ruang karaoke, home theatre, studio music, dan lainnya. sehingga arsitek akan memperhitungkan dan merencanakan luasan fasilitas hiburan dan fasilitas diletakkan.

 

Mempertimbangkan kebutuhan ruang belajar atau membaca

Jika ada anggota keluarga yang memiliki hobi membaca atau masih bersekolah, tidak ada salahnya menghadirkan ruang belajar atau ruang baca. Dengan memberi informasi mengenai kegemaran membaca yang dimiliki keluarga anda, usia anak dan kebiasaan belajarnya hingga profesi dan kebiasaan anda saat bekerja.

6 kebutuhan ruang belajar kerja

 

Mempertimbangkan kebutuhan ruang lainnya seperti ibadah

Untuk merencanakan desain rumah, tidak ada salahnya mempertimbangkan adanya ruang ibadah. Bagi umat muslin, anda bisa menghadirkan musholla dirumah. Dengan request adanya ruang ibadah kepada arsitek, maka arsitek bisa memperhitungkan letak dan besaran ruangan yang akan ditempati nantinya.

7 kebutuhan ruang ibadah mushola kecil dalam rumah

Dari berbagai macam ruangan, anda bisa menyesuaikan jumlah dan ukueannya sesuai kebutuhan penghuni rumah, luas tanah yang tersedia dengan rencana anggaran biaya yang disiapkan untuk membangun rumah idaman. Setelah itu, tentukan apa saja ruangan yang akan dituangkan ke dalam denah rumah yang selanjutnya bisa di otak atik perletakannya pada saat melakukan desain denah rumah sehingga perletakan ruangan didapatkan dengan baik dan nyaman.

Dalam membuat denah ruangan rumah, anda harus memperhatikan lokasi ruang tamu berada didekat pintu utama agar mudah dilihat oleh tamu, lokasi ruang makan sebaiknya berdekatan dengan ruang dapur, lokasi ruang keluarga sebaiknya berdekatan dengan ruang makan, dan jika dibuat rumah bertingkat maka lokasi tangga diatur untuk mempermudah melihat desain interior rumah.

Kebutuhan ruangan yang banyak namun ukuran tanah yang tersedia terbatas, ini perlu pengaturan khusus agar setiap ruangan bisa berada pada posisi yang sesuai. Jika anda bingung menentukan luasan, maka cukup dengan daftar ruangnya saja nantinya arsitek akan membantu memperkirakan luasannya. Perkiraan luasan total sangat penting, karena dari luasan tersebut bisa digunakan untuk mengetahui luas lantai terhadap kapasitas lahan. Sehingga sebaiknya mempersiapkan daftar kebutuhan ruangan dengan membuat daftar sederhana.

Setelah mengetahui dan mempertimbangkan kebutuhan ruang, maka langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan ruang. Ada perpedaan antara ukuran ruang yang terbuka dengan ruangan yang dibatasi dinding bata, sebab dinding bata dianggap memiliki ketebalan 15 cm. sehingga ukuran ruangan bisa dibedakan menjadi 2 yaitu kotor – diluar penguranagn tebal dinding dan bersih – sudah dikurangi tebal dinding 15 cm ditasnya. Sebagai contoh, ada 3 ruangan berukuran 4 X 3 yang berdampingan A,B, dan C, sehingga pada ruang  A dan C dibatasi dinding, maka ukuran horizontal keduanya 4 meter dikurangi lebar.

Leave a Comment