Mengenal Gaya Interior Klasik

Sudahkah anda mengenal gaya interior klasik? Dewasa ini, telah muncul beberapa gaya dalam dunia desain interior. Salah satu desain interior yang menjadi incaran penghuni rumah dalam mendekorasi bagian dalam huniannya adalah gaya interior klasik.

PENGERTIAN GAYA KLASIK PADA INTERIOR

Gaya desain interior klasik adalah gaya yang mengedepankan tampilan yang mewah, elegan, dan megah. Gaya klasik juga disebut-sebut sebagaisalah satu gaya desain yang tak lekang oleh waktu.

Walaupun disebut klasik, namun nyatanya gaya ini tidak pernah ketinggalan mode. Konsep interior ini selalu terlihat elegan, stylish, dan nyaman dipandang setiap saat. Desain interior klasik mengedepankan tampilan memanjakan setiap orang yang berada di dalamnya.

Maka dari itu, tidak heran rasanya jika desain ini memiliki kesan mahal dan hanya diminati oleh kalangan menengah ke atas. Walaupun begitu, desain klasik sebenarnya dapat diaplikasikan pada berbagai bangunan, baik itu residensial maupun komersial pada setiap properti.

mengenal-gaya-interior-rumah-klasik

Awal mula desain interior klasik berawal di benua Eropa. Pada masa itu, arsitek arsitek Eropa terinspirasi oleh budaya serta seni Romawi Kuno dan Yunani yang memiliki kesan megah walaupun sudah berdiri beribu-ribu tahun. Karena terkesima dengan hal tersebut, mereka mengadopsi gaya tersebut pada setiap bangunan rumah atau gedung.

Desain ini juga turut mengalami penyesuaian dengan beberapa mode sepanjang perkembangan teknologi dan ilmu arsitektur. Sampai lahirlah sebuah gaya desain yang disebut dengan Neoklasik. Gaya desain ini merupakan pengembangan dari gaya klasik original. Neoklasik menggabungkan beberapa unsur modern tanpa menghilangkan nyawa utama dari desain klasik. Yaitu megah, mewah, dan berkelas.

CIRI-CIRI DESAIN INTERIOR NUANSA KLASIK

  • Menghindari Nuansa Gelap

Aksen warna pada desain klasik akan terasa dengan pewarnaan interior monokrom dan membuatnya terlihat lebih semarak serta menggairahkan. Seiring berjalannya masa, banyak juga yang memadukan warna gelap pada interior klasik. Salah satu warna yang digunakan pada interior klasik bernuansa gelap adalah warna emas.

Warna emas dipilih karena memberikan nuansa klasik yang amat kental. Apalagi penggunaan warna emas yang akan membuat nuansa megah dan mewah di hunian apapun bahkan pada hunian minimalis sekalipun.

model-interior-klasik-putih-elegan

  • Pengunaan Material Interior

Kunci dari desain klasik adalah kemewahan. Untuk menampilkan hal tersebut, Anda harus berani dalam memilih material dinding, lantai, hingga lantai yang memiliki kualitas tinggi agar tampilannya pun lebih berkelas. Tidak hanya itu, komponen lainnya di ruangan juga harus menggunakan material dengan kualitas terbaik agar tidak hanya menampilkan kemewahan namun bisa lebih awet dalam jangka waktu lama.

  • Menggunakan Furnitur Bernuansa Mewah

Ketika memutuskan untuk memiliki rumah dengan desain klasik, Anda harus benar-benar cermat dalam pemilihan furnitur dan dekorasi interior yang akan digunakan.

Untuk menonjolkan kesan mewah, Anda bisa menggunakan material kayu ulir dan marmer pada beberapa benda di interior rumah. Sementara untuk dekorasi, Anda bisa menggunakan lampu gantung kristal, lukisan-lukisan, hingga vas besar di pojok ruangan.

  • Dinding dan Wallpaper

Anda juga harus cermat dalam pemilihan wallpaper dan karpet pada interior rumah, khususnya ruang tamu dan ruang keluarga. Pikirkan apakah menggunakan pola polos atau bermotif. Anda bisa menyesuaikan beberapa aspek tersebut.

Misalnya, jika Anda memilih wallpaper bermotif, Anda sebaiknya memilih furnitur yang polos. Begitu juga sebaliknya, jika furnitur dengan motif maka pilihlah karpet yang polos. Penyesuaian ini dilakukan agar tidak terjadi kesan bertabrakan yang akhirnya membuat tampilan ruangan menjadi kacau.

  • Pencahayaan

Pemasangan pencahayaan yang pas dalam interior klasik dapat memberikan suasana hati yang tentram. Untuk itu Anda perlu mempertimbangkan beberapa lampu yang akan dipakai. Dan warna cahaya dari lampu tersebut.

  • Penggunaan Dekorasi Yang Tepat

Dekorasi yang ciamik menjadi satu elemen yang sangat menarik dalam interior klasik. Penempatan bantal sutra pada sofa, cermin besar, dan lukisan diyakini mampu menciptakan kesan homey yang menenangkan.

Jangan ragu untuk mendekorasi jendela dengan tirai besar, pakai karpet yang memiliki bahan yang lembut dan nyaman, hiasi meja dengan tatakan kain tenun yang trendi. Dengan begitu, kesan mewah pada interior rumah akan tercipta bahkan pada rumah minimalis sekalipun.

Itulah tadi artikel singkat mengenal gaya interior klasik untuk rumah tinggal, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

× Kontak kami