Tips Desain Rumah di lahan Sempit

Lahan yang sempit adalah permasalahan kebanyakan orang di kota ketika ingin membuat desain / bangun rumah. Wajar saja, harga tanah yang semakin tinggi membuat banyak orang tidak mampu membeli tanah dengan ukuran luas. Tanah yang tersedia pun kebanyakan kavling berukuran kecil dengan lebar 6 atau 7 meter saja. Untuk itu kita perlu tahu cara atau tips membuat desain rumah di lahan sempit untuk menyiasatinya.

Rumah Nyaman Tak Harus Besar

Yang utama dipahami adalah bahwa rumah nyaman dan layak untuk ditinggali tak harus besar ukurannya. Melihat kondisi yang seperti dijelaskan di atas yang utama adalah kita haruslah pintar dalam menggunakan strategi ketika membuat desain rumah, karena tidak hanya tanah saja yang mahal, bahan bangunan dan upah tukang juga semakin mahal tiap tahunnya yang membuat kita harus pandai berhemat ketika membangun rumah.

tips-desain-rumah-di-lahan-sempit

Ada beberapa hal utama yang harus diperhatikan ketika kita mau membangun rumah berkaitan dengan desain yaitu:

1 Rencanakan desain rumah yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.
2 Rencanakan rumah dengan budget yang pas / cukup yang kita miliki.
3 Untuk mewujudkan estetika / keindahan rumah tak harus mahal, kita bisa menggunakan bahan-bahan yang unik tapi tetap terlihat cantik baik untuk exterior ataupun interior rumah.

Tips Desain Rumah di Lahan Sempit

Beberapa tips berikut bisa anda lakukan untuk menyiasati desain rumah di lahan terbatas.

1 Buat bertingkat

Langkah pertama yang paling simple terbesit di pikiran kita adalah membuat rumah menjadi 2 atau 3 lantai. Rumah tingkat adalah solusi yang paling umum untuk rumah di perkotaan jaman sekarang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu maksimalkan lantai satu untuk ruang utama yang paling perlu untuk kebutuhan anda. Misalnya anda memang tidak suka naik turun tangga, berarti anda harus meletakkan kamar utama dan setidaknya satu kamar mandi di lantai satu. Jika lantai 1 memang sudah terbatas maka anda bisa mennggunakan pantry atau dapur kecil di lantai satu, sehingga setidaknya anda bisa memasak praktis di lantai satu dan tidak perlu naik turun tangga. Untuk ruang lain seperti ruang keluarga, ruang makan, dan kamar anak-anak anda bisa meletakkannya di lantai 2.

2 Ukuran ruangan minimalis

Tips selanjutnya adalah rencanakan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar. Mungkin untuk kamar utama anda perlu space yang lebih lapang, namun untuk ruang tamu, dapur, atau ruang makan anda bisa membuatnya minimalis dengan tidak terlalu banyak perabot, sehingga bisa memaksimalkan ruangan yang ada tanpa memakan banyak space.

Anda bisa mencari ide desain interior minimalis yang simple dan sederhana namun masih terlihat elegan, dengan desain yang efisien suasana dalam rumah bisa terlihat nyaman walaupun berada di ruangan yang tidak terlalu besar.

3 Membangun rumah secara bertahap

Tidak perlu kuatir jika budget menjadi kendala untuk merencanakan rumah bertingkat, karena sebetulnya anda bisa membangun rumah secara bertahap ke atas. Caranya adalah ketika membangun lantai satu anda harus sudah mempersiapkan strukturnya untuk rumah 2 lantai atau 3 lantai. Sehingga ketika menambah ruangan di lantai atas anda tidak perlu lagi melakukan suntuk pondasi atau suntuk kolom struktur, karena semua sudah direncanakan dan dibuat pada awal pembangunan lantai 1 rumah.

4 Ruangan simple dan tidak terlalu banyak perabot

Salah satu trik jitu dalam penataan interior adalah menggunakan perabot sesuai kebutuhan. Perabot yang tidak terlalu banyak ini bisa membuat ruangan anda terasa lega, di samping menggunakan desain interior minimalis, kita juga bisa membuat lemari dengan banyak rak untuk menyimpan barang. Perabot yang terlalu banyak jika tidak dirapikan justru akan membuat rumah menjadi sumpek atau berantakan. Desain ruangan dengan perabot yang simpel akan mempermudah anda dalam menata ruangan dan memelihara perabot rumah tangga.

5 Menggunakan mezanine

Apakah anda tahu mezanine? Mezanine adalah ruangan yang berada di tengah lantai, diantara lantai satu dan lantai dua anda bisa meletakkan ruangan kecil di tengahnya. Mezanine ini sering digunakan untuk kamar anak, atau ruang praktis lainnya seperti ruang baca, mushola, atau lainnya. Mezanine juga menjadi salah satu trik yang baik untuk menyiasati rumah di lahan sempit. mezanine ini bisa dibuat tanpa perlu merombah atau merenov rumah secara besar-besaran, karena bisa menggunakan material yang praktis seperti baja atau besi, kemudian menggunakan lantai panel GRC, yang pemasangannya cukup mudah. Mezanine ini dalam banyak kasus juga bisa membuat interior rumah anda terlihat unik dan menarik.

interior-rumah-menggunakan-mezanine

Leave a Comment

× Kontak kami