Tips Mencegah Atap Rumah Bocor

Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, masalah kebocoran adalah hal yang sangat umum terjadi. Tingginya intensitas hujan pada musim hujan menjadi penyebab utama masalah ini. Untuk itu kita perlu tahu dan belajar bagaimana tips mencegah atap rumah supaya tidak mudah bocor.

Rumah bocor memang masalah yang cukup serius dan bisa mempengaruhi kenyamanan hunian. Nah untuk itu, Anda bisa melakukan sejumlah tips mencegah atap rumah bocor berikut ini:

Kemiringan Atap

Di Awal pembangunan atap rumah yang harus Anda perhatikan untuk mencegah dari bocornya air hujan ilah kemiringan atap. Sudut kemiringan atap yang ideal adalah 30 hingga 40 derajat, sehingga air hujan dapat mengalir dengan lancar.

Kemiringan atap memang sangat mempengaruhi landainya air mengalir sehingga mengakibatkan kebocoran. Tak hanya itu, dibutuhkan rangka atap yang kuat dan kokoh serta talang air untuk menyongkongnya sehingga bangunan atap benar-benar dapat menangkal rembesan air hujan secara maksimal.

Membersihkan Atap

Atap yang kotor dari sampah atau rimbun dengan pepohonan juga bisa menimbulkan rembesan air hujan masuk ke rumah atau bocor.

Memang sekilas kita berpikir ketidakmungkinan adanya sampah di atas atap, tapi kenyataannya Anda bisa menemukan sampah berserakan, yakni dedaunan kering dari pepohonan yang ada di sekeliling rumah Anda.

Sampah pada atap dapat menimbulkan genangan dan berakhir pada penyumbatan, sehingga peluang bocor akan semakin meningkat.

Selain dari itu, jika Anda menemukan pepohonan yang mulai rimbun di sekeliling atap yang bisa saja mengganggu dan membuat potensi bocor maka Anda perlu memangkasnya.

Untuk mengantisipasi kerusakan atap akibat ranting atau cabang pohon yang tumbang, Anda bisa memotongnya.

Mengganti Atap yang Mulai Rapuh

Tips mencegah atap rumah bocor selanjutnya Anda bisa mengganti atap yang mulai rapuh. Proses kerapuhan atap biasanya sangat cepat terjadi pada kondisi musim hujan, khususnya jika Anda menggunakan rangka kayu.

tips-mencegah-atap-bocor

Maka untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa kondisi atap tidak mengalami kerusakan atau lapuk yang bisa menimbulkan rembesan air hujan. Baik itu jenis genteng ataupun rangka atap merupakan faktor kekokohannya. Dengan demikian alangkah baiknya memilih material atap yang kokoh dan tidak mudah rapuh.

Maka untuk itu, Anda perlu mengeceknya secara rutin terutama saat musim hujan.

Menggunakan Pelapis Anti Bocor

Tips mencegah atap rumah bocor selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengakalinya menggunakan pelapis anti bocor, tips ini dapat dilakukan dalam kondisi darurat seperti atap yang terlanjur bocor.

Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis cat atau pelapis anti bocor di toko material bangunan.

Pengaplikasian pelapisan anti bocor ini pun tidak sesulit yang Anda pikirkan, sebab ini menjadi pertolongan yang paling instan untuk mencegah bocornya atap rumah. Untuk pengaplikasian yang maksimal, Anda bisa memilih lapisan anti bocor yang berkualitas.

Kelancaran Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang tidak lancar bisa terperangkap di atap dan membuat kualitas atap menjadi menurun. Artinya, ventilasi udara memiliki dampak bagi kualitas atap rumah.

Maka dari itu agar kualitas atap tidak menurun dan membuat pelapukan lebih cepat sehingga menimbulkan rembesan air hujan, Anda perlu memperhatikan sistem sirkulasi udaranya.

plafon-rembes-akibat-bocor

Untuk membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik, Anda bisa memasang jendela atau ventilasi udara di bagian bawah genting.

Selain itu, jika sistem sirkulasi udara di rumah bekerja dengan baik, ini dapat membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Mengecek Rutin Kondisi Atap Rumah

Hal yang paling penting untuk mencegah bocornya atap rumah, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin, tidak hanya mengecek kondisi atap rumah tetapi juga plafon. Plafon bisa menimbulkan kebocoran, di mana tanda-tanda yang dapat dilihat ialah dari perubahan warna atapnya.

Nah itulah tips mencegah atap rumah bocor yang dapat Anda perhatikan sehingga rumah Anda terbebas dari rembesan atau bocor air hujan.

Leave a Comment

× Kontak kami