Tips Seputar Pencahayaan Rumah, Mudah Diterapkan

Cahaya memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah ruangan. Dengan adanya cahaya penghuni rumah dapat melihat sekitarnya dengan jelas. Maka dari itu, setidaknya terdapat sederet tips pencahayaan rumah yang mudah untuk diterapkan.

Pencahayaan ini lekat hubungannya dengan akses sinar matahari. Namun, bagi Anda yang memiliki rumah dengan minim akses cahaya, tentu merasa rumah terasa suram dan gelap. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memberi rumah kesan cerah meski akses pencahayaan cukup minim.

Tips Pencahayaan Rumah

Ada beberapa tips seputar pencahayaan rumah, bagaimana kita menyiasati rumah agar mendapat intensitas cahaya alami yang cukup dengan cara yang mudah diterapkan. Rumah dengan pencahayaan yang baik tentu akan lebih nyaman untuk penghuni melakukan aktivitas di dalamnya.

Menggunakan Furniture Minimalis

Furniture seperti lemari dan laci biasanya hadir dalam ukuran yang besar. Hal ini memang memberi ruang yang lega sehingga Anda mudah untuk menyimpan pakaian atau barang lainnya.

Namun, untuk rumah dengan pencahayaan yang minim, hadirnya furniture dengan ukuran yang besar bisa membuat ruangan tampak suram. Maka dari itu, ada baiknya Anda memilih furniture dengan konsep minimalis dan berbobot ringan. Selain menghindari kesan suram, ruangan juga terasa lebih lega.

Mengaplikasikan Cat Warna Putih Bersih

Warna putih kerap diandalkan untuk memberikan kesan cerah pada sebuah ruangan. Malah, warna putih juga mampu memberi kesan ruangan lebih luas daripada aslinya. Maka dari itu, dengan memanfaatkan warna putih secara dominan pada ruangan membuat pencahayaan menjadi lebih maksimal.

tips-pencahayaan-rumah

Selalu pastikan bahwa warna putih yang Anda aplikasikan bukanlah krem atau off-white, melainkan putih murni dan bersih. Dengan begitu, meski ruangan Anda minim cahaya namun tetap tampak terang.

Memanfaatkan Cermin

Hampir semua orang mengetahui soal cermin. Ya, kaca yang mampu memantulkan bayangan ini kerap digunakan untuk berdandan dan memastikan tidak ada yang kurang pada diri seseorang.

Namun, manfaat cermin tidak hanya sampai situ saja. Anda dapat memanfaatkan cermin untuk memaksimalkan pencahayaan pada rumah Anda. Ya, sifat cermin yang dapat memantulkan cahaya mampu menyebarkan cahaya tersebut ke banyak bagian ruangan. Maka, Anda bisa meletakan cermin di depan jendela untuk memaksimalkan fungsinya ini.

cermin-untuk-dekorasi-pencahayaan-rumah

Tidak Menggunakan Gorden Tebal

Gorden dimanfaatkan untuk menutup jendela atau akses ke sebuah ruangan. Maka dari itu, banyak orang kerap memilih gorden dengan permukaan yang tebal dan bermotif gelap. Nah, jika Anda ingin memperbaiki pencahayaan rumah Anda, hindari gorden semacam itu.

Anda bisa menggunakan gorden dengan permukaan yang tipis dan warna yang ringan dan terang. Selain tampak indah dan menarik, gorden dengan permukaan tipis dan warna terang akan mempermudah sinar masuk ke dalam ruangan.

Menggunakan Aksesoris Metalik

Aksesoris metalik yang Anda taruh dalam sebuah ruangan dapat membantu ruangan tersebut tampak mewah dan elegan. Selain itu, aksesoris metalik juga mampu memantulkan cahaya sehingga membuat cahaya lebih tersebar ke banyak bagian rumah.

Maka dari itu, Anda bisa menyelipkan beberapa aksesoris metalik dalam rumah Anda. Contoh aksesoris metalik yang bisa Anda pilih adalah bingkai emas, meja kaki dengan bahan stainless steel dan lainnya. Meski tampaknya menarik, tentu saja Anda tidak bisa meletakkan aksesoris semacam itu dalam jumlah banyak agar hasilnya tidak nampak norak.

Jangan Gunakan Cat Glossy

Tips pencahayaan rumah selanjutnya adalah tidak menggunakan cat glossy pada dinding rumah. Meski cat glossy memberikan efek terang layaknya aksesoris metalik dan cermin, namun sifatnya yang glossy ini mampu menyilaukan pandangan. Jadi, meski rumah Anda akan tampak lebih cerah namun membuat penghuni ruangan menjadi tidak nyaman.

Nah, sebagai gantinya Anda  dapat menggunakan cat dinding dengan hasil matte yang mampu menyebarkan cahaya secara merata ke seluruh ruangan.

Tambahkan Sumber Pencahayaan Lebih

Sebagai sumber pencahayaan utama, lampu memang cukup efektif dalam menerangi suatu ruangan. Meski begitu, bagi ruangan yang tidak terkena matahari, satu lampu saja tidak cukup untuk membuat ruangan terasa cerah.

Jika terdapat ruangan di rumah Anda yang tidak memiliki akses sinar matahari, Anda bisa tambahkan beberapa sumber cahaya tambahan. Beberapa rekomendasi seperti floor lamp hingga string light merupakan ide yang bagus.

Demikianlah artikel kami mengenai 7 tips pencahayaan rumah yang mudah untuk diterapkan, semoga bermanfaat!

Leave a Comment

× Kontak kami