Tips Seputar Sirkulasi Udara Rumah yang Baik

Sirkulasi udara merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah rumah. Dengan hadirnya sistem pergantian udara ini, rumah menjadi sejuk dan tidak mudah ditumbuhi jamur, bakteri dan virus. Jika Anda ingin membuat rumah nyaman dan sehat, berikut adalah beberapa tips sirkulasi udara rumah yang baik.

7 Tips Sirkulasi Udara Rumah yang Baik

Menggunakan Sistem Ventilasi Silang

Singkatnya, sistem ventilasi silang adalah sistem sirkulasi udara yang memanfaatkan dua jalur bukaan dengan posisi yang saling berhadapan pada satu ruangan. Jalur bukaan yang dimaksud adalah seperti jendela, lubang angin, pintu dan lubang lainnya yang biasa berada di atap dan dinding.

Sistem ini bekerja dengan memanfaatkan perbedaan suhu ruangan area dengan tekanan rendah dan tinggi. Perbedaan suhu ini pun dihasilkan oleh aliran udara di dalam rumah tersebut.

ventilasi-silang-untuk-sirkulasi-udara-rumah

Sistem ini memungkinkan udara lembab dan panas di dalam rumah akan terbuang keluar oleh udara segar melalui lubang yang ada. Jadi, udara segar akan masuk dari lubang satu dan udara panas keluar dari lubang lainnya. Dengan sistem sirkulasi udara seperti ini, Anda bisa memiliki rumah yang sehat dan sejuk.

Memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau

Salah satu fungsi hadirnya ruang terbuka hijau adalah menambah kualitas udara yang masuk ke dalam rumah Anda. Karena seperti yang Anda ketahui, tanaman yang ada di sekitar rumah dapat menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

Dengan begitu rumah Anda akan segar dan jauh dari kata pengap dan gerah. Terlebih jika ruang terbuka hijau tersebut mendapatkan sinar matahari langsung dan rajin disiram air, tentu saja hal ini akan membuat tanaman sehat dan  menambah kualitas udara di dalam rumah.

sirkulasi-udara-dengan-ruang-terbuka-indoor

Menghalau Sinar Matahari

Tidak heran jika ruangan terkena sinar matahari langsung membuat ruangan menjadi panas. Hal tersebut memberi dampak langsung pada kenyamanan Anda di dalam rumah. Paparan sinar matahari secara langsung juga mengubah udara dingin menjadi panas.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu membuat penghalang agar sinar matahari tidak mudah masuk ke dalam rumah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat kanopi. Hal ini terutama jika rumah Anda menghadap barat atau utara, yang mana posisi tersebut mendapatkan sinar matahari dengan suhu yang tinggi.

Mengatur Penempatan Pintu dan Jendela

Anda perlu memperhatikan penempatan pintu dan jendela. Alasannya adalah karena kedua bagian ini bertugas dalam menangkap aliran angin dengan lancar dan nyaman. Jika Anda memiliki halaman hijau seperti taman, menempatkan pintu dan jendela di dekat taman merupakan ide yang sangat bagus.

Malah, upayakan agar pintu dan jendela menghadap taman secara langsung.Dengan begitu udara segar yang dihasilkan oleh taman mudah masuk ke dalam rumah. Hasilnya akan memberikan kesegaran di dalam rumah Anda.

Membuat Desain Rumah yang Pas untuk Pergerakan Udara

Salah satu fakta yang bisa Anda ketahui soal udara adalah bahwa udara panas memiliki bobot yang lebih ringan daripada udara dingin. Hal tersebut membuat udara panas mudah ke atas bukan di bagian permukaan lantai.

Mengetahui fakta tersebut, Anda bisa membuat rumah dengan atap yang dapat dibuka dan tutup dengan skylight. Kemudian Anda bisa memaksimalkan udara dingin di dalam rumah dengan membuat jendela dan pintu. Hal tersebut bisa mengangkat udara panas agar keluar melalui skylight tersebut.

Memperbanyak Materi Alami di Dalam Rumah

Suasana sejuk tentu identik dengan bahan-bahan alami. Hal tersebut menjadi dasar untuk Anda agar sebaiknya memperbanyak jumlah materi alami. Ya, materi alami seperti bambu dan kayu bisa Anda prioritasnya untuk menghiasi indoor rumah Anda.

Seperti misalnya dibuat sebagai sekat atau partisi dan perabotan rumah. Selain itu, Anda bisa menggunakan cat dan pelapis anti toksin agar suhu udara panas bisa berkurang.

Hias Teras dengan Tanaman Hijau

Jika halaman rumah Anda tidak memungkinkan untuk dibuat taman, maka salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan tanaman hijau di dalam pot. Ya, Anda bisa menanam tanaman hijau dalam pot dan meletakkan tanaman tersebut di teras.

Hal ini pastinya akan berhasil membuat udara di rumah Anda segar.

Leave a Comment

× Kontak kami